Rabu, 06 Mei 2020

Materi 05 TLJ Kelas 11 TKJ

Hari : Kamis
Tanggal : 7 Mei 2020

Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh..
Selamat pagi anak-anak SMK NU Al Hidayah dimanapun anda berada, pada kesempatan kali ini kita akan belajar materi Teknologi Layanan Jaringan , sebelum memulai mari kita awali dengan berdoa terlebih dahulu,  Alfatihah..

Tugas anak-anak hari ini adalah :
1. Membaca dan mempelajari materi dibawah ini
2. Menjawab pertanyaan

Selamat Belajar,
#Ramadhandirumahsaja




Private Branch Exchange
  • Pengertian PBX

 

Apa itu PBX ? PBX atau kepanjangan dari private branch exchange adalah penyedia layanan telepon yang melayani pertukaran telepon dengan pusat di dalam suatu perusahaan, dan menjadi penghubung antara telepon dari publik ke telepon perusahaan atau jaringan telepon dari perusahaan ke jaringan perusahaan lainnya di area yang lebih luas sehingga dapat tercakup oleh publik. PBX menghubungkan jaringan telepon dengan jaringan lokal dengan trunk,

Trunk adalah penghubung jalur komunikasi antara pengirim dengan penerima melalui central office. Jaringan ini menggabungkan telepon dengan faksimile, modem, dan lain-lain yang menjadi perpanjangan dari kemampuan PBX sistem melalui trunk.
 
  • Fungsi Kerja PBX
Penghubung antara jalur jaringan telepon dengan telepon dengan menggunakan nomer yang di tuju. Menyediakan layanan akuntansi untuk kepentingan. Menjaga sambungan selama menggunakan telepon. Mematikan sambungan antara koneksi dengan perintah yang sesuai di telepon. Layanan otomatis panggilan.

TIPE-TIPE PBX

  PBX memiliki 4 macam tipe, yaitu :


 1. PBX DIGITAL

 
PBX jenis ini adalah pabx yang memiliki output data digital. Jenis pabx ini biasa menggunakan kabel tilion 4 kawat. Memiliki beberapa fitur seperti conference call serta menggunakan telepon khusus untuk menyambungkannya karena harus terlebih dahulu di konversi dari data digital menjadi suara. PABX Digital merupakan teknologi terbaru dari sebelumnya dan kelebihannya adalah di mana masing-masing pesawat teleponnya dapat berfungsi sebagai Operator Console.
 
2. PBX ANALOG
 
PABX jenis ini merupakan PABX yang mempunyai output atau extension sebagai sinyal analog-nya. Pabx jenis ini tidak membutuhkan telepon khusus karena sudah menggunakan sinyal analog seperti single line telephone. PABX jenis ini mempunyai kelebihan yang membuat Anda tidak perlu menyiapkan telpon khusus. Banyak perusahaan-perusahaan yang tertarik untuk membeli alat ini dan untuk penjualan PABX analog panasonic ini bisa didapatkan ditempat yang terpercaya, seperti di Indocommco.
 
3. PBX HYBRID
 
PBX jenis ini adalah PABX gabungan antara kedua pabx di atas dan memiliki 4 kabel disetiap outputnya. Dengan gabungan kedua PABX Panasonic di atas, Fitur yang didapatkan menjadi semakin lebih baik karena adanya fitur-fitur baru maupun fitur lama yang ditambahkan dan ditanamkan kembali. Salah satu mesin PABX Hybrid yang sudah ada dipasaran adalah Mesin PABX Panasonic KX-TDA 600. Dengan berbagai fitur yang ada dan kegunaannya yang fleksibel, mesin hybrid ini sebaiknya Anda miliki baik untuk digunakan di kantor maupun di rumah.
 
4. IP PBX
 
Berbeda dengan PBX yang lainnya, PBX jenis ini ini tercipta karena meningkatnya kebutuhan data yang diperlukan. Pabx jenis ini menggunakan jaringan data ip (internet protocol) sebagai jaringannya untuk mengirim berbagai percakapan dalam bentuk paket data. Ip pabx juga mampu dijalankan dengan system analog dan digital serta tentunya jaringan data ip. Selain berfungsi sebagai alat komunikasi pabx jenis ini juga bisa dijadikan sebagai modem.
 
 
Load disqus comments

0 komentar